Minggu, 19 September 2010

Aneka Pastel

Resep Pastel Krispi Ayam Jamur

April12
inforesep pastel krispi ayam jamur 300x202 Resep Pastel Krispi 
Ayam Jamur
Siapa yang ga doyan sama Kue Pastel?????  Saya paling doyan kue yang satu ini. Enakkkk….Apalagi dimakan pake cabe rawit.
Resep Bahan Kulit Pastel Krispi Ayam Jamur :
  • tepung terigu protein sedang 375 gram
  • korsvet 75 gram
  • air kaldu hangat 100 ml
  • minyak goreng 1 liter
Resep Bahan Isi Pastel Krispi Ayam Jamur :
  • daging ayam cincang 200 gram
  • wortel 1 buah, rebus, potong dadu kecil
  • jamur kancing kaleng 5 buah, belah 2 bagian, iris tipis
  • telur puyuh 10 butir, rebus, kupas, potong 2 bagian
  • bawang perai 2 batang, iris tipis
  • seledri 1 tangkai, iris tipis
Resep Bumbu Pastel Krispi Ayam Jamur :
  • bawang putih 4 siung
  • bawang merah 4 siung
  • merica bubuk 1 sendok teh
  • pala bubuk 1/8 sendok teh
  • garam secupnya
  • gula pasir 1 sendok teh
  • kecap manis 1 sendok makan
  • minyak wijen 1 sendok teh
  • saos raja rasa 1 sendok makan
Cara membuat Bumbu Pastel Krispi Ayam Jamur :
  1. Panaskan 2 sendok makan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan bawang perai dan bumbu lainnya, aduk rata.
  2. Tambahkan bahan isi kecuali telur puyuh, masak sambil diaduk hingga matang dan kering. Angkat dan sisihkan.
  3. Campur terigu, garam dan korsvet. Aduk hingga rata dan berbutir. Tuang air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis.
  4. Tipiskan adonan dengan gilingan mi hingga setebal 2-3 mm. Cetak bentuk bulat dengan diameter 7-10 cm.
  5. Ambil slembar adonan kulit, letakkan adonan isi dan puyuh di tengahnya. Tutup bagian atasnya dengan selembar adonan kulit, pilin tepinya.
  6. Panaskan minyak, goreng pastel di atas api sedang hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan.
----------------------------------

Resep Pastel Udang Ebi

September26
inforesep pastel udang ebi 300x213 Resep Pastel Udang Ebi
Pastel merupakaan kue kesukaan keluarga saya. Isian pastel bisa dimodifikasi sesuai selera, mulai dari daging, sayuran, telur, bakan udang dan ebi.
Resep Bahan Kulit Pastel Udang Ebi :
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 25 gram margarin
  • 80 ml air es
Resep Bahan Isi Pastel Udang Ebi :
  • 3 butir bawang merah, diiris
  • 2 siung bawang putih, diiris
  • 1/2 sendok makan ebi sangrai, dicincang halus
  • 100 gram udang kupas, dicincang kasar
  • 50 gram buncis, diiris miring
  • 100 gram wortel, dipotong kotak
  • 150 gram kentang, dipotong kotak, digoreng
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 100 ml air
  • 50 gram soun, direndam air, dipotong-potong
  • 1 sendok makan daun seledri, diiris halus
  • 3 butir telur direbus, dipotong-potong
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • minyak untuk menggoreng
Cara Membuat Pastel Udang Ebi :
  1. Isi : tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Tambahkan ebi dan udang. Aduk sampai berubah warna.
  2. Masukkan buncis dan wortel. Aduk sampai layu. Tambahkan kentang, kaldu ayam bubuk, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  3. Tuang air. Masak sampai matang. Tambahkan soun dan daun seledri. Masak sampai meresap dan kering. Dinginkan.
  4. Kulit : ayak tepung terigu, garam, dan kaldu ayam bubuk. Masukkan margarin. Aduk sampai berbutir.
  5. Tuang air es sedikit-sedikit. Aduk sampai bergumpal. Diamkan 30 menit.
  6. Giling tipis adonan dengan gilingan mi dari ketebalan nomor 1 sampai ketebalan nomor 5. Cetak bentuk bulat diameter 6 cm.
  7. Ambil selembar kulit. Beri isi. Letakkan sepotong telur. Lipat bentuk 1/2 lingkaran dan pilin.
  8. Panaskan minyak goreng. Matikan api. Masukkan pastel. Aduk sapai permukaannya bergelembung kecil. Nyalakan api kecil. Goreng sampai matang dan kering.
-----------------------------

Resep Pastel Ubi Kari

October31
inforesep-pastel ubi kari
Resep ini saya dapat dari Koran Saji. Hmm…Koran Saji ternyata bagus juga ya…Resep kali ini cukup unik yaitu Resep Pastel Ubi Kari. Wah ternyata ubi bisa dijadikan kulit pastel juga??? Mmm..coba sama-sama yuk!!
Resep Bahan Kulit Pastel Ubi Kari :
  • 500 gram ubi kuning, kukus, haluskan
  • 1 sendok makan margarin
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 1 kuning telur
Resep Bahan Isi Pastel Ubi Kari :
  • 50 gram soun, direbus
  • 100 gram ayam suwir
  • 50 gram buncis, diiris
  • 50 gram wortel, dipotong kotak kecil
  • 3 butir bawang merah, diiris
  • 2 siung bawang putih, diiris
  • 1 sendok teh bumbu kari
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/8 sendok teh gula pasir
  • 100 ml air
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
Resep Bahan Olesan Pastel Ubi Kari :
  • 2 kuning telur
Resep Bahan Taburan Pastel Ubi Kari :
  • 25 gram wijen
Cara Membuat Pastel Ubi Kari :
  1. Isi: tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan ayam suwir, buncis, dan wortel. Aduk sampai layu.
  2. Tambahkan bumbu kari, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai meresap. Masukkan soun. Aduk rata.
  3. Aduk rata semua bahan kulit.
  4. Pipihkan kulit di dasar cetakan pai lebar pendek diameter 8 cm yang dioles margarin. Beri isi. Tutup lagi dengan kulit.
  5. Oles kuning telur dan tabur dengan wijen.
  6. Oven 40 menit dengan api bawah suhu 170 derajat Celcius sampai matang.
-----------------------------

Resep Pastel Panggang Kentang Cabai Hijau

October31
inforesep-pastel panggang kentang cabai hijau
Wah Resep Pastel Panggang Kentang Cabai Hijau??? Gimana rasanya ya??? Yang pasti enak donk!!!
Resep Bahan Kulit Pastel Panggang Kentang Cabai Hijau :
  • 500 gram kentang, dikukus, dihaluskan
  • 1 sendok makan margarin
  • 1 tangkai daun seledri, diiris halus
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 1 kuning telur untuk olesan
Resep Bahan Isi Pastel Panggang Kentang Cabai Hijau :
  • 2 buah (480 gram) dada ayam
  • 500 ml air untuk merebus
  • 100 gram wortel, dipotong kotak
  • 3/4 sendok teh garam
  • 3/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
Resep Bumbu Tumbuk Kasar Pastel Panggang Kentang Cabai Hijau :
  • 2 buah cabai hijau besar
  • 4 buah cabai hijau keriting
  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 2 buah tomat hijau
Cara Membuat Pastel Panggang Kentang Cabai Hijau :
  1. Isi: rebus ayam sampai matang. Angkat. Ambil daging ayam. Potong-potong kota. Ukur kaldunya 300 ml.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu tumbuk kasar sampai harum.
  3. Masukkan wortel, ayam rebus, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Tuang kaldu ayam. Masak sampai matang. Angkat. Dinginkan.
  5. Kulit: aduk rata bahan kulit.
  6. Ambil sebagian kulit. Pipihkan. Letakkan di dasar pinggan tahan panas kecil yang dioles margarin.
  7. Tuang bahan isi. Tutup dengan sisa kulit. Oles kuning telur.
  8. Oven 25 menit dengan api bawah, suhu 170 derajat Celcius sampai matang.
Untuk 6 buah

Pastel Basah

Ada banyak jenis pastel. Secara garis besar sih ada tiga golongan yaitu Pastel Basah, Pastel Kering dan Pastel Tutup. Kalo pastel kering isinya adalah abon sapi, maka pastel basah memiliki banyak variasi isi. Dari isi wortel doang, ragout sampe soun. Kulitnya pun ada banyak jenis. Ada yang kulitnya renyah, ada juga yang lembut. Pastel tutup punya penampilan yang unik, yaitu adonan isi yang tumplek blek dalam satu pinggan, baru ditutup dengan adonan kentang, trus dioven.
Ngobrol2 pastel basah, bagi gue pastel basah yang enak adalah... yang kulitnya memiliki permukaan kering, gak menyerap minyak, tapi saat digigit terasa lembut dan empuk, dan tetep lembut walo dicuekin di terkena angin seharian. Itu baru kulitnya. Lalu bentuknya, chubby tapi ngga kopong aliyas bolong di dalem. Chubby karena isinya full. Lalu isinya... ragout yang manteb gak kebanyakan tepung, juga bukan isi soun ato bihun, kalo digigit gak jadi brantakan biar sopan :D perpaduan wortel, kentang & daging kudu pas dengan aroma pala yang wangi, tanpa susu biar gak eneg.
Ah susah amat sih bikin pastel...! Eh ternyata enggak kok, gampang kok. Yang susah justru milin pinggirannya hehehe...
Bagi gue, pastel basah yang paling enak adalah... pastel buatan Ummi! Ini gue contekin dari catetan blio ya, kapan hari sempet dipraktekin bareng2 ama Monica, Mbak Puji dan Yulia, sambil blajar memilin langsung dibawah bimbingan pastel master, yaitu Ummi gue :)
Variasi lain dari pastel dengan menggunakan resep kulit yang sama, yaitu Samosa aliyas Curry Puff ato Pastel Kari. Gue pernah posting sebelumnya, bisa klik disini ya...


PASTEL BASAH ala Ummi-nya Lia
Recipe by: Ummi
Bahan Kulit:
500 gr terigu protein sedang (segitiga biru ato gunung bromo)
100 gr margarin, lelehkan
1 butir telur
250 ml santan dari ¼ butir kelapa
Garam secukupnya
Cara:
Sangrai tepung sampai cukup panas dan kering, ayak, pindahkan ke baskom & buat lubang ditengahnya, diamkan sampe hangat.
Rebus santan sambil diaduk2 biar ngga pecah, angkat & diamkan sampe hangat.
Kocok margarin leleh, garam dan telur sampe rata. Tuang ke lubang ditengah tepung hangat, uleni sambil dituangi santan hangat dikit2 sampe menyatu dan kalis. Diamkan 15 menit.
Adonan kulit siap dibentuk dan diisi.

Bahan Isi:
250 gr wortel, bersihkan & iris dadu kecil2
250 gr kentang, bersihkan & iris dadu kecil2, cuci bersih sampe airnya bening
150 gr daging sapi, rebus sampe empuk, iris dadu kecil2
250 ml kaldu daging
2 sdm irisan seledri (boleh lebih kalo suka)
7 butir bawang merah, iris halus
5 siung bawang putih, geprak & cincang
3 sdm minyak untuk menumis /secukupnya
2 sdm terigu + 1 sdt maizena, larutkan dengan air dikit
Irisan telur rebus secukupnya (tebel tipis sesue slera ajah)
Bumbu:
½ sdt merica bubuk /secukupnya
½ sdt pala bubuk /secukupnya
Garam & gula pasir secukupnya
Cara:
Goreng kentang sampe rada kering, tiriskan (ingat, jangan terlalu kering ya!).
Panasin minyak, tumis bawang merah+putih sampe wangi kekuningan, masukin wortel. Aduk rata, tuangi air kaldu.
Masak dengan api kecil sampe wortel setengah matang, masukin kentang, daging dan bumbu2. Masak sampe semua bahan matang dan airnya tinggal dikit, tambahkan seledri, aduk2 bentar.
Masukin larutan tepung, aduk cepat & rata sampe adonan isi menjadi pekat dan matang (ngga brasa tepung lah), angkat.
Diamkan sampe bener2 dingin, siap diisikan ke kulit.

Penyelesaian:
Bagi adonan kulit dan isi masing2 menjadi 20 bagian ato sesue slera.
Tipiskan satu bagian adonan kulit membentuk lingkaran (tipisinnya diantara dua lembar plastik yang dialasi bagian blakang loyang ato talenan).
Beri satu bagian isi, atur posisinya rada minggir membentuk setengah lingkaran didalam kulit, susun 1-2 iris telur rebus diatasnya.
Lipat setengah bagian kulit sehingga membentuk setengah lingkaran, rapikan & pilin pinggirnya berbentuk pastel.
Kerjakan terus sampe semuanya abis.
Deep fry sampe keemasan (jangan sampe nyoklat), tiriskan.
Sajikan dengan cabe rawit, glekk... nyuaaaammm...

Note:
Di rumah kami biasa pake pala bubuk & mrica bubuk buatan sendiri, selain lebih fresh rasanya juga lebih nendang. Kalo pake mrica/pala bubuk beli jadi silakan diatur sendiri takarannya karena beda merk beda kualitas.
Kalo Ummi lebih suka membentuk kulitnya oval, jadi setelah dilipat bentuknya setengah oval, cantik deh kayak Ummi :">
Dengan resep kulit yang sama, bisa divariasikan dengan isi apa aja sesue slera. Variasi yang paling sering gue bikin adalah isian samosa dengan rempah yang nyengittt...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar