Selasa, 21 September 2010

Aneka Bakpao

BAKPAO

My first steamed bun

Bikin bakpao ini udah lama, photnya juga udah diaplod di flickr tapi entah kenapa jadi ga inget untuk mostinginya. Kalo ndak salah bikinya pas hari minggu, skalian buat dinner dan emang benar aku ndak masak apa-apa lagi selain bikin bakpao ini. Syukur dweh semua pada suka dengan bakpao bikinanku karena isinya aku kasi daging ayam dan sayuran. Bikin kira-kira 15 buah dan habis 10 dalam sehari dimakan kami hihi. Dan bakpao ini sangat mengenyangkan, rasanya mirip bakpao yang ditoko Asia itu, cuma isinya enakan yang aku buat sendiri. Untuk resep aku nyontek resepnya Mami Stella, dan aku kopas disini :) makasih ya mbak Stella

BAKPAO
Resep Kulit Bakpao
By Stella
Biang Bakpao :
250 gr terigu protein rendah
10 gr ragi instant
150 cc air

Bahan Adonan Utama Bakpao :
90 gr terigu protein rendah
60 gr tepung tang mien (aku ganti dengan tepung lotus yang khusus buat bakpao)
70 gr gula halus
1 sdm baking powder
¼ sdt amoniak kue (aku ndak pake)
3 sdm air
50 gr mentega putih

Cara membuat :
Campur semua bahan untuk biang.
Di uleni sampai tidak lengket di tangan ( kurang lebih 10 menit).
Diamkan biang selama 1 jam atau sampai mengembang 2 kali.
Masukkan bahan adonan utama ke dalam biang biang bakpao.
Uleni sampai kalis. Timbang adonan sebesar 20-25gr.
Tipiskan, bentuk menjadi bulat. Letakkan isi bakpao ke tengah-tengah adonan, beri irisan telor lalu tutup dengan adonan.
Letakan diatas kertas roti biar tidak lengket didandang
Kukus bakpao selama 15 menit.

Isian bakpao

Bahan :
1 bh ayam filet, cincang kasar
1 bh wortel, iris dadu kecil
1 btg bawang daun, cincang kasar
1 bh bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt garam
1/2 sdt merica
100 ml air
5 bh telur rebus, belah masing-masing menjadi 4

Cara membuat :
Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum dan layu
Masukan daging ayam, wortel dan bawang daun.
Masak sampai ayam matang, tuangi air dan bumbui dengan garam dan merica


di 
cemek-cemek

Etiketter: ,

Bakpao Sapi

Enyak.. menul-menul empuk. Apalagi kalo dimakan pas baru keluar kukusan. Bikinnya juga gampang, dan hasilnya sangat memuaskan. Akhirnya sisa tepung tang mien yang nongkrong di lemari bisa dimanfaatkan juga. Thanks buat Mamin Dita buat sharing resepnya.



BAKPAO SAPI

Copied from Dita, recipe Bakpao by Mr. Sahak Pribadi

Bahan Bakpao :
250 gr tepung tang mien / tepung hong kong
250 gr terigu segitiga --> pake terigu cakra
50 gr gula halus
1 bungkus (11 gr) ragi instant
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
250 ml air es
50 gr mentega putih --> pake Hollman Softcream

Bahan Isi :
1/2 butir bawang bombay, cincang
1 butir bawang putih. cincang
250 gr daging sapi cincang
1 buah wortel, potong kotak kecil
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
Garam. merica, pala bubuk, dan gula pasir secukupnya
Air sedikit

Method :
Buat Isi terlebih dahulu :
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih menggunakan minyak sampai harum.
  • Masukkan daging cincang dan wortel. Aduk sampai berubah warna.
  • Beri semua bumbu, dan sedikit air. Masak sampai air menyusut dan agak kering.
  • Dinginkan.

Bakpao :
  • Campur semua bahan kering (terigu, tang mien, gula halus, ragi, garam, baking powder), uleni menggunakan air es sedikit demi sedikit sampai rata.
  • Tambahkan mentega putih, uleni terus sampai kalis dan empuk.
  • Ambul sejumput adonan, isi dengan bahan isi, bulatkan.
  • Simpan di atas kertas roti, lalu kukus 10 menit sampai matang.


.
resep BAKPAO ala pak Sahak
Bahan Kulit:
250 gr tepung hongkong
250 gr tepung terigu segitiga
50 gr gula halus (nina pake gula pasir aja)
1 bks ragi instant
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
250 ml air es
50 gr mentega putih
Note: kalo gak ada tepung hongkong, kedua tepung itu bisa diganti 500gr tepung cakra (protein tinggi yg biasa digunakan utk roti/donut)
Bahan Isi Daging :
2 siung bawang putih
1/2 siung bawang bombay
100 gr daging giling (boleh sapi atau ayam)
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
lada, garam, gula secukupnya
Bahan Isi Kacang Hijau :
100 gr kacang hijau kupas direndam 1 jam
75 gr gula pasir
100 ml santan kental
1 lembar daun pandan dirobek-robek
1 sdt garam
Cara membuat kulit:
* Campur semua bahan kering
* Masukan air es sambil di uleni
* Masukkan mentega putih dan uleni terus sampai kalis (tidak lengket ditangan)
* Ambil sejumput adonan, pipihkan dan isi dengan isi sesuai selera
* Bentuk adonan, taruh dikerta roti yang sudah dipotong-potong
* Kukus selama 10 menit
Cara membuat isi daging:
* Tumis bawang uptih dan bawang bombay sampai harum
* Masukan daging giling, aduk rata
* Masukan kecap manis + asin, gula, garam, lada
* Aduk rata sampai daging empuk…angkat dan dinginkan
Cara membuat isi kacang hijau:
* Campur semua bahan dalam wajan anti lengket
* Taruh diatas api, aduk terus sampai kalis
* Angkat dan dinginkan

bakpao

pengen nyoba bikin bakpao sekaligus memberdayakan tepung tangmien & concerto, searching2 resep akhirnya milih resep ini, isinya enak banget...selain diisi ayam, bakpaonya juga ada yang diisi selai bluberry


BAKPAO AYAM
sumber : ida arimurti

Bahan A :
200 gr terigu protein rendah
50 gr tang mien
½ sdm ragi instan
150 ml air

Bahan B :
100 gr gula tepung
150 gr tepung terigu protein rendah
25 gr tang mien
1 sdt baking powder
50 ml air
½ sdt garam
25 gr mentega putih

Bahan Isi :
250 gr ayam paha fillet, potong kotak
3 siung bawang putih, cincang kasar
1 cm jahe, memarkan
1 ½ sdm saus tiram
4 sdt kecap manis
2 batang daun bawang, iris halus
½ sdt merica bubuk
¼ sdt gula pasir
100 ml air
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Isi, tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai ayam berubah warna. Masukkan saus tiram, kecap manis, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
2. Tuang air. Masak sampai meresap. Menjelang diangkat, tambahkan daun bawang. Aduk rata.
3. Campur bahan A sampai tercampur rata. Diamkan 1 jam.
4. Tambahkan gula tepung dan air. Uleni rata sampai gula larut.
5. Masukkan tepung terigu dan tang mien. Uleni sampai kalis.
6. Masukkan mentega putih, garam, dan baking powder. Uleni sampai elastis. Diamkan 10 menit.
7. Timbang adonan dengan berat masing-masing 30 gr. Bulatkan. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bunga. Letakkan diatas kertas roti dan diamkan 30 menit.
8. Kukus selama 7 menit dengan api sedang.

Kata Pakar :
Isi jangan sampai tercecer ketepi supaya adonan mudah direkatkan dan menempel sempurna.

Catatan :
- Tang Mien adalah kanjinya tepung kanji, dalam penggunaannya tidak boleh terlalu banyak cukup 25 % saja.
- Untuk pembuatan bakpao yang menggunakan ragi instan, semua bahan, kecuali mentega putih dan garam langsung diaduk jadi satu dan diuleni sampai adonan rata. Setelah itu dimasukkan mentega putih dan garam. Setelah diaduk rata, adonan harus diuleni lagi sampai elastis (kalau ditarik tidak sobek). Selanjutnya adonan bakpao difermentasi beberapa kali sampai mengembang dan hasilnya kelak bertekstur halus.
- Bakpao harus dialasi dengan kertas roti atau daun agar tidak melekat di pengukus. Masukkan bakpao setelah pengukus cukup panas atau air pengukus mendidih. Antara bakpao harus diberi jarak untuk memberi ruang bakpao memuai.
- Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengukus adalah :
* Besar api cukup sedang saja. Api yang besar membuat bakpao meletus.
* Air dalam panci tidak boleh terlalu tinggi supaya uap tidak terlalu banyak.
* Penutup panci harus dibungkus dengan serbet, agar air yang menetes tidak mengenai bakpao.
* Waktu pengukusan harus tepat betul supaya hasil bakpao tidak keriput.



Bakpao Manis Custard


Bahan roti/kulit :
- Tepung terigu protein tinggi 600 gram -
- Ragi 7,5 gram -
- Baking powder 7,5 gram -
- Air 200 ml -
- Susu cair 100 ml -
- Gula pasir 80 gram -

Bahan isi :
- Gula pasir 225 gram -
- Air 300 ml -
- Mentega 80 gram -
- Custard poedwr 60 gram -
- Tepung jagung 60 gram -
- Santan 100 ml -
- Susu cair 100 ml -
- Telur ayam 300 gram -

Cara membuat :
1. Adonan kulit : Campuran bahan kering hingga rata, tuang air dan susu cair. Uleni hingga rata. Diamkan adonan hingga mengembang.
2. Isi : Campur susu, air, gula dan mentega, masak hingga mendidih. Masukkan campuran tepung custard, telur, tepung jagung dan santan, aduk hingga mengental. Masukkan mentega, aduk hingga matang. Angkat.
3. Potong adonan kulit sesuai selera, masukkan adonan isi. Bulatkan. Istorahatkan adonan selama 10 menit.
4. Alasi bakpao dengan kertas roti, kukus selama 10 menit.
5. Alasi bakpao dengan kertas roti, kukus selama 6 menit.
5. Angkat dan sajikan hangat.

Untuk 20 buah


puasa segera tiba... hayo, apa ... 5 puasa segera tiba... hayo, apa sajian buka favoritmu? 5
  • warm: makanan khas dari kampung istri : mie spesial pake bumbu kacang, :ga ada duanya
  • mlandhing: wah, aku blom pernah tuh... boleh dong minta istri share resepnya... aku tunggu ya... thx
  • maknyos: air putih *kalem*
  • mlandhing: wakakaka... pasti bojomu kehabisan teh panas nek kuwi... : p
  • nurrahman: kolak dan sop buah buatan Ibu di rumah : )
Status page | Arsip x

Bakpao Isi Jamur 0

BAHAN A:
100 gr tepung terigu
100 gr gula pasir
150 cc air hangat
1 sachet ragi instan
BAHAN B:
300 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
2 sdm mentega putih
1 sdm pelembut kue
1/2 sdt garam
BAHAN ISI:
250 gr jamur tiram, cuci, rendam air mendidih
1 bh bawang bombai, cincang
3 siung bawang putih, cincang
2 btg daun bawang, iris tipis
1 sachet saus tiram (kira-kira 2 sdm)
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
2 sdm kecap manis
1 sdm mentega
CARA MEMBUAT:
  • Tiriskan jamur, peras airnya hingga tuntas, dan suwir-suwir hingga menyerupai ayam suwir.
  • tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum, tambahkan garam, merica, kecap manis dan saus tiram. Aduk hingga rata. 
  • Masukkan suwiran jamur dan daun bawang. aduk-aduk hingga bumbu meresap. Sisihkan.
  • BAHAN A: campur gula pasir dan ragi instan dengan air hangat, aduk hingga gula larut. Tambahkan tepung terigu, aduk rata, diamkan sekitar 15 menit.
  • Tambahkan semua bahan B, aduk dan uleni hingga kalis dan tidak lengket di tangan. Letakkan adonan di mangkuk besar, tutup dengan serbet. Diamkan sekitar 30 menit sampai adonan mengembang.
  • Kempeskan adonan, dan biarkan 15 menit lagi hingga mengembang. Kempeskan lagi dan bagi adonan menjadi 15 bagian.
  • Ambil satu bagian, pipihkan, isi dengan 1 sdm jamur, dan rekatkan bagian pinggirnya jadi satu hingga membentuk bola. Letakkan di atas kertas. Lakukan hingga semua adonan habis.
  • Kukus dengan api sedang selama 8 menit.
TIPS & TRIK:
  • Tutup kukusan lebih baik dibungkus dengan serbet bersih agar uap air tak jatuh ke bakpao.
  • Letakkan bakpao dengan memberi jarak satu sama lain, karena bakpao akan mengembang.
  • Waktu mengukus tak perlu lama agar bakpao mulus tak keriput.
Bak Pao Ayam Pedas


Bahan I :
- Tepung terigu 500 gram -
- Air dingin 300 ml -
- Ragi instan 2 sdm -

Bahan II :
- Tepung terigu 300 gram -
- Air 10 sdm -
- Gula halus 100 gram -
- Mentega putih 100 gram -

Isi :
- Minyak sayur 10 sdm -
- Bawang putih 6 siung, cincang halus -
- Fillet ayam 350 gram, cincang halus -
- Merica bubuk 1 sdt -
- Gula pasir secukupnya -
- Garam secukupnya -
- Saus sambal 10 sdm -
- Minyak wijen 2 sdt -
- Air secukupnya -

Cara membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk hingga matang.
2. MAsukkan bumbu lainnya, masak hingga kering.
3. Kulit : Campur semua bahan uleni hingga kalis. Diamkan adonan selama 5 menit.
4. Timbang adonan 30 gram, diamkan selama 10 menit.
5. Tipiskan adonan lalu beri adonan isi. Bentuk bulat panjang lalu gulung menyerupai obat nyamuk.
6. Beri alas kertas roti lalu kukus selama 15 menit atau hingga matang. Sajikan.

Untuk 36 buah
 

BAKPAO
Resep Kulit Bakpao

Biang Bakpao :
250 gr terigu protein rendah
10 gr ragi instant
150 cc air

Bahan Adonan Utama Bakpao :
90 gr terigu protein rendah
60 gr tepung tang mien (aku ganti dengan tepung lotus yang khusus buat bakpao)
70 gr gula halus
1 sdm baking powder
¼ sdt amoniak kue (aku ndak pake)
3 sdm air
50 gr mentega putih

Cara membuat :
Campur semua bahan untuk biang.
Di uleni sampai tidak lengket di tangan ( kurang lebih 10 menit).
Diamkan biang selama 1 jam atau sampai mengembang 2 kali.
Masukkan bahan adonan utama ke dalam biang biang bakpao.
Uleni sampai kalis. Timbang adonan sebesar 20-25gr.
Tipiskan, bentuk menjadi bulat. Letakkan isi bakpao ke tengah-tengah adonan, beri irisan telor lalu tutup dengan adonan.
Letakan diatas kertas roti biar tidak lengket didandang
Kukus bakpao selama 15 menit.

Isian bakpao

Bahan :
1 bh ayam filet, cincang kasar
1 bh wortel, iris dadu kecil
1 btg bawang daun, cincang kasar
1 bh bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt garam
1/2 sdt merica
100 ml air
5 bh telur rebus, belah masing-masing menjadi 4


Cara membuat :
Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum dan layu
Masukan daging ayam, wortel dan bawang daun.
Masak sampai ayam matang, tuangi air dan bumbui dengan garam dan merica


Sophie – Nanjing
Salah satu makanan yang paling populer di China adalah BaoZi. Di Indonesia, namanya berubah menjadi Bakpao yang berasal dari bahasa Hokkian.
1
Bakpao terbuat dari tepung terigu dan diberi isi berbagai macam rasa. Bakpao telah ada sejak 1500 tahun lalu, pada saat itu isi bakpao hanya terdiri dari daging. Seiring dengan perubahan jaman, semakin bervariasi isian bakpao. Tingkat kreativitas manusia semakin bertambah.
Ada yang berisi sayuran, berisi selai, berisi tahu bahkan ada bakpao berisi coklat, kacang hijau, kacang merah dan salah satu favoritku adalah bakpao dengan isi egg custard.
Kulit Bakpao dibuat dari tepung terigu dan diberi ragi hingga mengembang, lalu dibentuk dan diisi sesuai dengan selera. Lalu dikukus hingga matang dan mengembang.
Dibawah ini resep dasar kulit bakpao, dan boleh diisi sesuai dengan selera.
Bahan Kulit:
250 gr tepung terigu protein tinggi
250 gr tepung terigu biasa
50 gr gula halus (boleh pake gula pasir aja)
1 bks ragi instant
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
250 ml air es
50 gr mentega putih
Cara membuat kulit:
* Campur semua bahan kering
* Masukan air es sambil di uleni
* Masukkan mentega putih dan uleni terus sampai kalis (tidak lengket ditangan)
* Ambil sejumput adonan, pipihkan dan isi dengan isi sesuai selera
* Bentuk adonan, taruh dikertas roti yang sudah dipotong-potong
Kukus selama 10 menit
Hmmm..salam bakpao.
2
3
4
5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar